Minggu, 12 Februari 2012

Tugas Kelompok PGMI A (SKI)

SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Mata Kuliah                 : SKI dan Pembelajarannya                                          Revisi ke                                  : 4
Kode                            :                                                                                   Tanggal Revisi                         : 6 Februari 2012
SKS                             : 4                                                                                Tanggal Mulai Berlaku             : 13 Februari 2012
Jumlah Jam Kuliah      : 28 X 100 menit                                                          Penyusun                                 : Dra. Siti Johariyah, M.Pd
Kegiatan Laboratorium            : 14 x 100 menit                                                          Penanggungjawab Keilmuan    : Dra. Siti Johariyah, M.Pd
                                                                                                                       
Ranah Integrasi-Interkoneksi            :
a.       Filosofis: sebenarnya kajian inti dari mata kuliah SKI dan  Pembelajarannya yang paling dominan adalah menyangkut nilai-nilai kemanusiaan  dalam kehidupan masyarakat. Dalam setiap pembahasan keilmuan nilai-nilai tersebut pasti menyatu karena pada dasarnya nilai-nilai kemanusiaan itu ada pada setiap ilmu dan pembahasannya. Kajian kemanusiaan dalam konteks sosial beserta nilai-nilainya ini sebenarnya juga pembahasan tentang nilai-nilai agama. Dengan demikian mahasiswa harus diberi pemahaman yang jelas bahwa dalam keilmuan tidak ada dualisme (dikhotomi) antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum. Apapun persoalan penanaman nilai-nilai sejarah  dalam kaitannya dengan kehidupan sosial dapat dipecahkan melalui berbagai cara/mtode/strategi pembelajaran yang dinilai efektif.
b.      Materi : Pembelajaran SKI yang secara spesifik mempelajari substansi dan metodologi pembelajaran  SKI, sudah barang tentu membutuhkan bantuan dari disiplin lain seperti sosiologi, antropologi, psikologi sosial, mengingat subyek yang dikaji adalah sejarah masyarakat yang dalam realitasnya selalu mengalami perubahan. Desain Instruksional, strategi pembelajaran, pengembangan kurikulum, pengembangan evaluasi dan lain-lain juga sangat dibutuhkan sebagai pelengkap deskripsi kajian, karena melalui disiplin tersebut dapat diketahui cara-cara yang baik untuk membuat perencanaan pembelajaran SKI dan bagaimana membuat proses pembelajaran SKI menjadi efektif.
c.       Proses integrasi-interkoneksi: Model kajian yang akan ditempuh dalam proses integrasi-interkoneksi pada mata kuliah ini mencakup tiga model yaitu informatif, konfirmatif dan korektif. Model informatif yaitu pembahasan tema-tema dalam mata kuliah Pembelajaran SKI ini akan diperkaya dengan informasi dari disiplin ilmu yang telah disebutkan di atas. Konfirmatif yaitu pembahasan tema-tema dalam mata kuliah Pembelajaran SKI ini akan dipertegas dan dipertajam dengan tinjauan secara teoritis dan praktis. Model kajian korektif yaitu pembahasan tema-tema dalam mata kuliah Pembelajaran SKI ini akan dikonfrontir dengan kenyataan di lapangan (lembaga pendidikan) atau perkembangan kontemporer dunia pendidikan dan berbagai permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, dan pendidik  sejarah khususnya.

Mata Kuliah  Pendukung Integrasi-Interkoneksi:
a.       Sejarah Kebudayaan Islam
b.      Sejarah Pendidikan Islam                                       e.   Strategi dan Metode Pembelajaran
c.       Pengembangan Kurikulum                                     f.   Pengembangan Media MI
d.      Desain instruksional                                              g.   Pengembangan Evaluasi MI

Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini mencakup aspek substansi dan metodologi. Substansi dimaksudkan sebagai materi kajian Sejarah Kebudayaan Islam. Metodologi dimaksudkan sebagai cara atau strategi yang digunakan dalam penyampaian materi Sejarah Kebudayaan Islam.
Pembelajaran SKI  merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang berbagai hal terkait dengan substansi materi kajian Sejarah Kebudayaan Islam sebagaimana termaktub dalam Kompetensi Dasar Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah. Selain itu para mahasiswa juga diajak untuk bersama-sama  memahami cara yang efektif untuk membuat perencanaan pembelajaran dan menerapkan perencanaan pembelajaran tersebut serta menganalisis dan mengkritisi substansi materi, perencanaan pembelajaran dan praktiknya, guna mendapatkan pemahaman dan ketrampilan yang lebih baik dalam membelajarkan SKI yang mencakup multi ranah (kognitif, afektif, dan psikomotorik) secara efektif. Untuk itu dalam perkuliahan Pembelajaran SKI selain  mahasiswa  diajak untuk memahami, menganalisis dan mendiskusikan kandungan substansi SKI dan metodologi pembelajarannya, mahasiswa akan diajak pula memahami beberapa materi pengantar untuk masuk pada substansi SKI, seperti: pengertian SKI, Kurikulum SKI, Pendekatan Pembelajaran SKI, serta  silabus dan RPP SKI.

Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami proses perkembangan sejarah kebudayaan Islam sebagaimana termaktub dalam Kurikulum SKI MI  dan mampu membelajarkannya secara metodologis.


Pertemuan Ke
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Aktivitas Pembelajaran
Sumber Belajar



1
Mahasiswa Memahami Proses Perkuliahan
Mahasiswa dapat:
    - Mendeskripsikan Satuan Acara
       Perkuliahan dengan baik
    - Menunjukkan komitmen
       terhadap proses perkuliahan
Kontrak Belajar Overview Mata Kuliah
Interactive Lecturing
SAP
 Dosen




2,3
Mahasiswa memahami Konsep dasar Kurikulum secara umum
Mahasiswa dapat:
-    Menjelaskan Pengertian   
      Kurikulum
-    Menyebutkan
      KomponenKurikulum
-    Menyebutkan Dasar
      Pengembangan
     Kurikulum
Konsep Kurikulum
Interactive Lecturing
SynergeticTeaching The Power of Two
Nana Saodih Sukmadinaata, Pengembangan
Kurikulum; Teori dan Praktek KTSP SKI MI




         ,4
Mahasiswa memahami Kurikulum SKI MI
 -  Mendeskripsikan Kurikulum
   SKI KBK MI
- Mendeskripsikan Kurikulum SKI
   KTSP MI
-  Mendiskripsikan Kurikulum SKI   MI Permenag No.2 Th 2008
Kurikulum SKI MI
Interactive Lecturing Reconecting Information Search Student Recap
Kurikulum SKI MI KBK Kurikulum SKI MI KTSP
Permenag No.2 Th 2008




5
Mahasiswa memahami konsep dasar Silabus dan RPP
Mahasiswa dapat:
-          Menjelaskan Pengertian Silabus
-          Menjelaskan Pengertian RPP
-          Mengidentifikasi Perbedaan Silabus dan RPP
-          Menyebutkan Komponen minimal silabus dan RPP
Silabus dan RPP
Interactive Lecturing Reconecting The Listening Team Topical Review
Puskur, Pengantar Silabi
Puskur, Pengantar RPP





6
Mahasiswa memahami pendekatan dalam pembelajaran SKI
Mahasiswa dapat:
-          Menjelaskan Pengertian Pendekatan Pembelajaran SKI
-          Menyebutkan Macam-macam pendekatan (Estetis, Etis, Kritis, Perubahan Sosial)
-          Menjelaskan Teknik Pemilihan Pendekatan
Pendekatan dalam Pembelajaran SKI
Interactive Lecturing TV Commercial Small Group Discusion Student Recap
Kuntowijoyo, Pengantar Ilmu Sejarah Kurikulum SKI MI







7,8
Mahasiswa memahami Pengembangan Tujuan SKI
Mahasiswa dapat:
-          Menjelaskan Pengertian Standar Kompetensi
-          Menjelaskan Pengertian Kompetensi Dasar
-          Menjelaskan Pengertian Indikator
-          Mendeskripsikan Perbedaan SK, KD, dan Indikator
-          Menjelaskan Teknik Perumusan Indikator
Pengembangan Tujuan Pembelajaran (SK, KD, Indikator)
Interactive Lecturing Reconnecting The Power of Two Student Recap
Puskur, KTSP Depag RI, Kurikulum SKI MI Nasar, Merancang Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan



9
Mahasiswa memahami Pengembangan Materi SKI
Mahasiswa dapat:
-          Menjelaskan Pengertian Materi Pembelajaran
-          Menyebutkan Macam-macam materi pembelajaran
-          Menjelaskan Teknik Pengembangan Materi SKI MI
Pengembangan Materi SKI MI
Interaktive Lecturing reconnecting The Listening Team Topical Review
Nasar, Merancang Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan
 Depag RI, Kurikulum SKI MI




10
Mahasiswa memahami Pengembangan Konsep Dasar Strategi Pembelajaran
Mahasiswa dapat:
-          Menjelaskan Pengertian Strategi Pembelajaran
-          Mentebutkan Macam Strategi Pembelajaran
-          Menjelaskan Teknik Pemilihan Strategi
Pengembangan Strategi Pembelajaran SKI
Interactive Lecturing Reconnecting Information Search Student Recap
Nasar, Merancang Pembel;ajaran Aktif dan Menyenangkan
 Mel Siberman, Pembelajaran Aktif
Nana Sujana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar





11
Mahasiswa memahami Konsep dasar Pengembangan Media Pembelajaran SKI
Mahasiswa dapat:
-          Menjelaskan Pengertian Media Pembelajaran
-          Menyebutkan Macam Media
-          Menjelaskan Teknik Pembuatan Pembelajaran SKI
-          Menjelaskan Tenik Pemanfaatan Media Pembelajaran SKI
Pengembangan Media Pembelajaran SKI
Interactive Lecturing Synergetic Teaching The Power of Two
Study Recap
Nana Sujana, Media Pembelajaran
Rofik, Hand Out Media Pembelajaran PAI




12
Mahasiswa memahami Konsep dasar Pengembangan Evaluasi
Mahasiswa dapat:
-          Menjelaskan Pengertian Evaluuasi
-          Menyebutkan Macam Evaluasi
-          Menjelaskan Teknis Evaluasi Pembelajaran SKI
Pengembangan Evaluasi SKI
Interactive Lecturing Synergetic Teaching The Power of Two
Puskur, Pengembangan Evaluasi




13,14
Mahasiswa memiliki kemampuan dalam merencanakan Pembelajaran SKI MI
Mahasiswa dapat:
-          Menyusun Silabi SKI
-          Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SKI


Perencanaan Pembelajaran SKI (Silabi dan RPP)
Action Learning
Puskur, Pengantar Silabi
Puskur, Pengantar RPP
Nasar, Merancang Pembelajaran
Nana Sujana, Media Pembelajaran
Mel Siberman, Pembelajaran Aktif
Nana Sujana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar




15,16,17,18,19,20,2122,23,24,25,26,27,28
Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran mikro
-          Menunjukkan kemampuan mengajarkan secara metodologis
-          Menunjukkan kemampuan mengajar mikro

    Pembelajaran   mikro SKI
Action Learning



Komponen Penilaian
:
Aspek Penilaian
        Persentase

1
Ujian Akhir Semester
30
2
Ujian Tengah Semester
20
3
Tugas Mandiri
20
4
Keaktifan Mahasiswa
20
5
Absen
10


Daftar Referensi

Wajib                                       :   
                                                    Depag RI, Kurikulum SKI KBK Madrasah Ibtidaiyah,
                                                    Depag RI, Kurikulum KTSP Madrasah Ibtidaiyah
                                                    Permendiknas No. 41 Tahun 2007
                                                    Permenag No. 2 Tahun 2008
                                                    Puskur, Panduan Silabi,
    Puskur, Panduan RPP
                                                    Mel Siberman, Active Learning,
    Nasar, Merancang Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan
                                                    Kuntowijoyo, Pengantar Ilmu Sejarah


Anjuran                                   :   Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran
                                                    Buku Pelajaran SKI untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas III sampai IV.
                                                    Nana Saodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek
                                                    Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar,
                                                    Nana Sudjana, Media Pembelajaran
                                                   


Disusun oleh:
                         Diperiksa oleh:

Disahkan oleh;
Dosen Pengampu




Dra. Siti Johariyah, M.Pd

Penanggungjawab Keilmuan




Dra. Siti Johariyah, M.Pd
Ketua Jurusan/Pogram Study




Dr. Istiningsih, M.Pd
Dekan




Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si
            

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar