Selasa, 10 April 2012

Kelahiran Nabi Muhammad

Kelahiran Nabi Muhammad dan Penyerangan Pasukan Bergajah

Biografi Nabi Muhammad SAW.

Nama lengkap
Muammad bin Abdullah
Tanggal lahir 
12 Rabiul Awwal tahun gajah/ 20 April 571 M
Temat lahir    
Kampung Baani Hasyim Kota Mekah
Hari lahir
Senin
Bidan
Siti Syifa
Nama Ibu       
Siti Aminah binti Wahab
Nama Ayah    
Abdullah bin Abdul Muthalib
Kebangsaan
Suku Quraisy


Muhammad bin Abdullah adalah nama dari Nabi yang terakhir diturunkan oleh Allah subhanahu wa Ta’ala. Nabi Muhammad dilahirkan pada hari senin pada tanggal 12 Rabiul Awwal tahun gajah dan bertepatan dengan tanggal 20 april 571 Masehi.
Nabi Muhammad dilahirkan dari rahim seoraang ibu yang bernama Siti Aminah  binti wahab. Ia ditinggal mati oleh ayahnya Abdullah bin Abdul Muthalib disaat masih dalam kandungan ( + tiga bulan dalam kandungan ).
 Kelahiran Nabi Muhammad SAW disebut tahun gajah karena pada saat lahirnya bersamaan dengan pasukan bergajah yang akan menghancurkan ka’bah (baitullah) yang dipimpin oleh raja Abrahah seorang gubernur  dari kerajaan Nasrani Abesenia di Yaman. Abrahah membawa pasukan 6 000 ke kota Mekah untuk menghancurkan ka’bah. Melihat pasukan bergajah yang dipimpin Abrahah yang begitu banyak, maka Abdul Muthalib kakek Rasulullah bersama penduduk Mekah lainnya hanya bisa pasrah saja.
Pada saat pasukan gajah telah berada diseputar ka’bah dan Abrahah sebagai pemimpin pasukan memberikan tanda penghancuraan ka’bah siap dimulai tiba-tiba diangkasa telah bermunculan burung-burung ababil dengan menjatuhkan kerikil-kerikil yang sangat panas yang akhirnya beberapa pasukan bergajah banyak yang meninggal dan sebagaian melarikan diri.
Selamatnya Ka’bah dari serangan pasukan bergaajah ini telah diabadikan oleh Allah dalam al-Qur’an surat al-Fiil yang berbunyi :
ألم تر كيف فعل ربك بأصحاب الفيل
Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap  tentara bergajah?
            ألم يجعل كيدهم في تضليل
Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Kakbah) itu sia-sia
            وأرسل عليهم طيرا أبابيل
Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,
            ترميهم بحجارة من سجيل
yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar
            فجعلهم كعصف مأكول
lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).


Jangan dilupakan

  • Muhammad bin Abdullah adalah Nabi dan Rasul yang terakhir
  • Nabi Muhammad dilahirkan di Mekah pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun gajah bertepatan dengan 20 April 571 M
  • Kelahiran Nabi Muhammad disebut tahun gajah karena bersamaan dengan pasukan bergajah yang dipimpin oleh Abrahan yang akan menghancurkan Ka’bah.
  • Peristiwa ini di abadikan oleh Allah dalam al-qur’an surat al-Fiil ayat: 1-5

Masa Kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad di Asuh Halimah As-Sa’diyah (Halimatus Sa’diyah)

Salah satu kebiasaan masyarakat kota di Arab adalah jika mempunyai bayi dusukan kepada para wanita desa dengan harapan agar anaknya kelak menjadi anak yang sehat dan cerdas serta bebas dari volusi lingkngaan perkotaan. Nabi Muhammad disusui oleh ibunya Aminah hanya tiga hari saja. Setelah itu disusukan kepada Halimah As-Sa’diyah dengan masa kontak emapat tahun.
Wanita-wanita Bani Sa’ad sudah terkenal sebagai tukang susu yang baik. Para wanita Bani Sa’ad selalu menawarkan sebagai tukang susu kepada wanita perkotaan yang hendak melahirkan.
Halimah As-Sa’diyah sangat mencintai Muhammad yang disusuinya. Bahkan menganggabnya sebagai anaknya sendiri.  Siti Aminah ibunya sering kali berkunjung kepada rumah halimah As-Sa’diyah jika merasakan rindu pada Muhammad. Demikian juga sebaliknya.
Halimah As-Sa’diyah Mengembalikan Muhammad kepada ibunya di Mekah setelah mengasuhnya selama empat tahun sebagaiman perjanjian awal sebelum menyusuinya.

Nabi Muhammad ditinggal oleh Ibunya dan diasuh oleh kakeknya
Setelah diasuh oleh Halim As-Sa’diyah, Muhammad diasuh oleh ibu daan kakeknya dengan penuh kasih sayang. Ketika berusia enam tahun Muhammad diajak berziarah kemakam ayahnya Abdullah di Yasrib (madinah). Dan sekaligus bersilaturrahmi kepaada sanak saudaranya . dalam perajalanan ke madinah tersebut, pembantu siti aminah turut mendampinginya. Dalam perjalanan pulang dari Madinah disebuah Desa bernama Abwa Siti Aminah jatuh sakit. Mereka istirahat beberapa hari di Desa itu. Sampai akhirnya Siti aminah kembali kehadapan Allah SWT. Almarhummah siti aminah dimakamkan didesa abwa tersebut.
Kini muhamad menjadi yatim piatu. kemudian setelah beberapa hari, ummu aiman dan Muhammad kembali ke mekah. Sesampainya di Mekah Ummu Aiman menceritakan meninggaalnya Siti Aminah kepada keluaarga besar Abdul Muthaalib. Setelah itu ummu Aiman menyerahkan pengasuhan Muhammad kepada kakeknya abdul Muthalib dan Ummu Aiman sendiri ikut membantu sampai Muhammad dewasa.
Abdul Muthalib adalah orang yang terpandang di kota Mekah dan sangat berwibawa serta berpengaruh dikalangan suku Quraisy. Ia mengasuh Muhammaad dengan kasih sayang. Ketika usia Muhammad delapan tahun kakeknya yang mengasuh dan sangat dicintainya itu wafat.

Muhammad diasuh oleh pamannya Abu Thalib
Setelah kakeknya Nabi wafat, maka Nabi Muhammad diasuh oleh pamannya yang bernama Abu Thalib. Abu Thalib adalah salah satu dari tokoh kaaum Quaisy yang sangat disegani.
Meskipun Muhammad hanya sebagai keponakan saja, namun Abu thalib sangat menyayangi Nabi Muhammad melebihi anaknya sendiri. Melihat sifat dan tingkah laku Naabi yang sangat baik, ramah dan selalu  berprilaku baik membuaat Abu Thalib semakin hari semakin sayang kepaada Naabi Muhammad SAW.
Melihat tingkah laku keponakannya Muhammad yang selalu menyenangkan, maka Abu Thalib sering mengajak Muhammad kemanapun pergi termasuk dalam perjalanan berdagang.
Tepat pada usia dua belas tahun Nabi Muhamad diajak pamaannya untuk berdagang oleh pamannya ke Negeri Syam. Dalam perjalanan ini Abu Thalib bertemu dengan seoraang pendeta Nasrani yang sangaat terkenal yang benama Bukhaira.
Dalam pertemuan Abu Thalib dan Pendeta Bukhairaa yang tidak ada kesengajaan ini, Pendeta bukhairaa berpesaan kepada Abu Thalib agar keponakannya itu dijaga dengan baik kerena kelak anak ini akan menjadi seorang Nabi yang adil dan bijaksana dalam memimpin umatnya.
Jangan dilupakan

  • Salah satu kebiasaan masyarakat kota di Arab adalah jika mempunyai bayi dusukan kepada para wanita desa
  • Nabi Muhammad disusui oleh ibunya Aminah hanya tiga hari saja. Setelah itu disusukan kepada Halimah As-Sa’diyah dengan masa kontak emapat tahun.
  • Ketika berusia enam tahun Muhammad diajak berziarah kemakam ayahnya Abdullah di Yasrib (madinah)
  • Dalam perjalanan pulang dari Madinah disebuah Desa bernama Abwa Siti Aminah jatuh sakit. Mereka istirahat beberapa hari di Desa itu. Sampai akhirnya Siti aminah kembali kehadapan Allah SWT. Almarhummah
  • Setelah ditinggal mati oleh ibunya Nabi diasuh oleh kakeknya Abdul Muthalib
  • Ketika Nabi berusia 8 tahun kakeknya meninggal dan Nabi Muhammad di asuh oleh pamannya yang bernama Abu Thalib
  • Dalam perjalanan kenegeri Syam Abu Talib bertemu dengan pendeta Nasraani yang beraama Bukhaira
  • Pesan pendeta Bukhaira kepaada Abu Talib agar keponakannya Muhammad dijaga dengan baaik kerena kelak akan menjadi seorang naabi yaang adil dan bijaksana dalam memimpin ummaatnya.
  • Kebiasaan baaaik yang ada pada diri Naabi Muhammad ketika masih kecil adalah
a.       tidat mau menyembah berhala meskipun masyarakat dan saudaranya menyembah berhala
b.      Selalu bertingkah laku baaik (akhlaknya mulia) sehingga semua oraang senang kepadanya
c.       Selalu saabar daan tabah dalam menghaadapi cobaan yang dihadapinya
d.      Memiliki kecerdasan yang lebih jika dibanding dengaan anak seusiaanya
e.       Terbiasa mengucapkan kata maaf kepada sesama meskipun tidak bersalah
f.       Suka bergaul kepada siapa saja tanpa membeda-bedakan
g.      Rendah hati dan jujur serta dapat dipercaya

Masa Remaja Nabi Muhammad SAW
Mengembala dan Berdagang

Sejak dalam asuhan Halimah As-Sa’diyah, Nabi Muhammad sudah kelihatan sebagai sosok kerja keras. Ia telah rajin mengembala kambing milik Halimah As-Sa’diyah. Demikian juga ketika ikut pamannya Abu Thalib Ia mengembala kambing milik pamannya Abu Thalib.
Semangat kerja keras dan kejujurannya, maka Nabi Muhammad saw pada masa remaja banyak memperoleh kepercayaan dari masyarakat kota mekah untuk mengembalakan kambing. Pekerjaan dan kepercayaan ini telah memberikan pendidikan yang cukup banyak dan berharga pada diri nabi Muhammad saw. Disiplin, jujur, tanggungjawab, berani, iklas, penyayang, ulet, tabah, tenang dan terampil. Sifat-sifat tersebutlah yang kemudian sangat berguna dikemudian hari dalam melaksanakan tugas-tugasnya yang sangat berani sebagai Rasul.
Pada saat berusia 12 tahun Nabi Muhammad saw. Mengikuti pamannya Abu Thalib berdagang ke Negeri Syam. Dalam perjalanan ini Nabi Muhammad saw. Banyak memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru. Diantaranya adalah bekas-bekas  kerajaan Arab di masa lalu.
Rombongan Abu Thalaib ketika sampai di Kota Basyra telah bertemu dengan seorang pendeta yang sangat terkenal yang bernama Bukhaira. Pendeta Bukhaira memberitahukan kepada Abu Thalib bahwa pada diri Muhammad keponankannya telah terdapat tanda-tanda kerasulan dan nanti akan menjadi seorang pemimpin yang dikenal seluruh penjuru dunia.
Dilingkungan kota Mekah Nabi Muhammad telah terkenal sebagai seorang pemuda yang memiliki akhlak yang sangat mulia. Ia selalu menghormati pada semua orang tanpa pernah membeda-bedakan. Khabar kebaikan yang terdapat dalam diri Nabi ini telah didengar oleh seorang pedagang wanita yang sangat terkenal di kota Mekah yang bernama Khadijah.

Jangan dilupakan

-          sejak usia kanak-kanak Nabi telah terkenal sebagai sosok pekerja keras
-          selain Nabi terkenal sebagai sosok pekerja keras Ia juga terkenal sebagai remaja yang memiliki akhlakul karimah
kelebihan lain yang dimiliki Nabi adalah : disiplin, jujur, tanggung jawab, berani, ikhlas, penyayang, ulet, tabah, tenang dan masih banyak lagi sifat-sifat baik lainnya.

Jangan di lupakan

-          Khadijah adalah seorang saudagar wanita yang kaya-raya serta berhati mulia
-          Khadijah adalah istri Nabi Muhammad yang pertama yang telah dikaruniai 6 anak oleh Allah. yaitu 2 anak laki-laki- dan 4 anak perempuan. Putra yang pertama bernama Qosim dan meninggal pada usia 2 tahun. Sedangkan anak yang ke 2 bernama Zainab, ketiga bernama Ruqaiyyah, keempat bernama Ummu Kulsum dan kelima bernama fatimah kemudia anak yang ke enam bernama Abdullah yang meninggal dunia ketika masih dalam buaian
-          Khadijah adalah wanita pertama yang masuk Islam
-          Nabi Muhammad menikah dengan Khadijah pada usia 25 tahun sedangkan usia khadijah 40 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar